KELAM tapi INDAH


Bukit Kelam, di pinggiran Kota Sintang (sekitar 9 km) menurut penglihatanku adalah sebuah batu besar, sebesar bukit (gunung kecil), namanya saja bukit, ya memang kurang lebih segede bukit lah. Kontruksi batu ini juga hanya satu, jadi bukan terdiri dari banyak batu, artinya ada satu batu segede bukit. Saking besarnya, kata temanku yang asli orang Sintang, pernah ada organisasi dunia yang menilai bahwa ini adalah batu terbesar di dunia. Hebat juga yah…sayangnya kok gak ada promosi pariwisata yang masuk dalam agenda wisata kunjungan ke Kalimantan Barat.

Bukit kelam atau Kelam Hill sendiri menjadi satu pemandangan yang sangat nampak sekali jika kita melakukan perjalanan dari Sintang menuju ke Kabupaten Kapuas Hulu. Kurang lebih sekitar 30 menit jarak perjalanan dari Kota Sintang menuju ke Bukit Kelam ini. Bukit kelam berada di Kecamatan Kelam, Kabupaten Sintang. Luas Wisata Alam Bukit Kelam ini sendiri sekitar 520 hektare, di dalamnya banyak sekali keunikan dan kekayaan hayati. Udaranya sangat sejuk dan segar, pokoknya cocoklah buat rekreasi alam. Kalau Anda ingin naik ke atas bukit juga ada tangganya lho, pake tangga dari besi. Kalau anda tidak kuat fisiknya, mendingan jangan deh, bisa-bisa Anda macet/kecapean di tengah jalan, mau turun lihat kebawah malah ngeri..hehehe.. Selain itu, di Kawasan Wisata Alam Bukit Kelam sendiri terdapat kolam renang dan lapangan tenis yang dapat Anda manfaatkan. Kalau anda ingin bermalam disana, ternyata disana pun sudah disediakan camping ground yang cukup luas dan aman.

Seperti halnya Gunung Tangkuban Parahu di Bandung Jawa Barat dengan cerita legenda Sangkuriangnya, Bukit Kelam sendiri memiliki cerita legendanya juga. Tapi legendanya bagaimana…….nah itu yang belum aku dapatkan, nanti kalau ada teman dari Kalimantan Barat kirim cerita, aku sambung tulisan ini lagi ya…….


Komentar

MAZZBUDDY MPWK mengatakan…
Tahun 1990, ketika masih mahasiswa S1. Team kita pernah menjadi penggembira tim pendaki dari Perancis. Jenis batu tersebut juga ditemukan di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, yaitu Gunung Lingga dan Kambe.
yuk menulis mengatakan…
Kalau tidak salah di koran lokal kami pernah ada akademis yang memberitahu bahwa Bukit Kelam adalah bukit batu tunggal terbesar se Asia Tenggara. Kalau memang begitu bagaimana angan-angan Bapak tentang konsep wisata pendidikan di Kota kami? Mengenai legenda Bukit Kelam, Googling aja pak... ada kok.

Postingan populer dari blog ini

Gerakan Tanah (Longsoran)

Sedekah Bumi = Apitan

KONTAMINASI PESTISIDA PADA AIR SUSU IBU